8/04/2020

One Piece Trivia: Apakah Roronoa Zoro Keturunan Klan Shimotsuki?



Ketika petualangan Kelompok Topi Jerami di One Piece sampai ke Wa no Kuni, muncul pertanyaan khusus apakah arc kali ini akan diperuntukkan kepada Roronoa Zoro, seperti Whole Cake Island yang jadi ajang kehebatan Sanji sebagai koki.

Naga-naganya demikian. Sejak pertama kali datang ke Wa no Kuni, Zoro sudah bertemu dengan Yasu, yang ternyata adalah mantan Daimyo Hakumai, Shimotsuki Yasuie.

Setelah itu, Zoro terlibat pertarungan dengan Gyukimaru yang ternyata adalah penjelmaan onimaru, rubah yang pernah demikian lama menemani Shimotsuki Ushimaru, daimyo Kuri.

Tidak hanya itu, hubungan Zoro dengan Wa no Kuni sudah terlihat sejak Arc Thriller Bark, ketika dia berhadapan dengan bayangan Ryuma, yang ternyata bernama Shimotsuki Ryuma, samurai legendaris Wa no Kuni sekitar 500 tahun lalu.

Latar belakang Zoro juga mendukung teori bahwa sang pendekar pedang Kelompok Topi Jerami dekat dengan klan Shimotsuki dan Wa no Kuni. Desa tempat Zoro tinggal semasa kecil di East Blue adalah Desa Shimotsuki.

Desa itu "terbentuk" oleh seseorang yang bernama Shimotsuki Kozaburo. Sosok ini sendiri adalah pembuat pedang. Dia membuatkan Enma untuk pewaris takhta klan Kozuki, siapa lagi kalau bukan Kozuki Oden.

55 tahun lalu, Shimotsuki Kozaburo memutuskan berlayar ke lautan, memberontak terhadap aturan Wa no Kuni yang menutup diri dari dunia luar. Kozaburo dan beberapa samurai Wa no Kuni yang ikut dalam petualangan ini kemudian mendarat di sebuah tempat di East Blue, dan membantu warga setempat dalam melawan bandit gunung. Tempat itu tak lain tak bukan adalah Desa Shimotsuki.

Di desa itu, Kozaburo memiliki seorang anak, yaitu Koushirou, yang mewarisi dojonya. Selain itu, Kozaburo punya cucu, Kuina, dari Koushirou. Kuina inilah yang membuat Zoro bersumpah akan menjadi pendekar pedang terhebat di dunia.

Dalam SBS Volume 96, ada pertanyaan dari Yu-kun soal keterkaitan Klan Shimotsuki dan Desa Shimotsuki tempat Zoro berasal. Apalagi, Zoro mengaku ada seorang kakek tua yang mengajarinya ucapan "sunachi" di Desa Shimotsuki, yang belakangan diketahui adalah teriakan yang cenderung tidak sopan belakangan di Wa no Kuni.

Terkait hal ini, Eiichiro Oda berkata, "Dengan kata lain, yang dimaksud Zoro dengan "kakek tua di desanya" yang dia temui sebenarnya adalah kakek Shimotsuki Kozaburo-san sendiri, yang berasal dari Negara Wano."

"Oh Lalu bisakah itu berarti ... garis keturunan Zoro ... (berasal dari Wa no Kuni)?! Nah, kisah Shimotsuki Kozaburo, samurai yang mendirikan Desa Shimotsuki, adalah semua yang ingin saya bagikan hari ini!"

Andai Roronoa Zoro punya keterkaitan dengan Klan Shimotsuki, maka ada pola yang bisa diikuti dari Eiichiro Oda. Dalam setiap Arc di Yonko Saga, para anggota Kelompok Topi Jerami bakal punya kisah tersendiri. Saat ini yang belum terungkap masa lalunya tinggal Nami dan Usopp.

Namun, sebelum itu, keterkaitan Zoro dan Wa no Kuni masih serba misterius.
Load disqus comments

0 komentar