3/30/2016

One Piece Trivia: Apakah Shanks Juga Pemilik Kekuatan Buah Iblis (Devil Fruit)?

One Piece Trivia: Apakah Shanks Juga Pemilik Kekuatan Buah Iblis (Devil Fruit)?

 One Piece Trivia kali ini akan membahas apakah Shanks juga pemilik kekuatan buah iblis atau tidak. Hampir semua tokoh kuat dalam One Piece memiliki kekuatan tersebut. Misalnya, Edward Newgate yang dijuluki sebagai Manusia Terkuat di Dunia, punya Gura Gura no Mi (lalu diambil oleh Kurohige). Sedangkan putra Gold D. Roger sekaligus kakak Luffy, Ace, memiliki Mera Mera no Mi (lalu diwarisi oleh Sabo). Lalu bagaimana dengan Shanks? Mungkinkah di balik statusnya sebagai salah satu Yonko, Shanks justru tidak memakan buah iblis?

Sampai sekarang, kekuatan Shanks Si Rambut Merah sangat misterius. Ia belum pernah terlibat pertarungan yang ditampilkan langsung dalam manga. Shanks memang dikisahkan pernah menghentikan Kaido yang hendak menyerang Shirohige di Perang Puncak. Tapi tidak ada kisah bagaimana Shanks melakukan hal tersebut. Shanks juga dikisahkan pernah begitu sering bertarung dengan Taka no Me Mihawk. Tapi juga tidak ada detail pertarungan mereka.

Selain itu, Shanks pernah terlibat insiden dengan Marshall D. Teach atau dikenal dengan nama Kurohige (Janggut Hitam). Tiga cakar Kurohige membekas di mata kiri Shanks. Namun, dalam pembicaraan bersama Shirohige, Shanks menjelaskan luka tersebut tidak tercipta dari pertarungan dengan Teach. 

Satu-satunya kesempatan pertarungan sungguhan Shanks di manga, terjadi di volume 59. Ketika itu Laksamana Akainu hendak menghantam Coby dengan pukulan Magu Magu no Mi. Hanya dengan sebelah tangan, Shanks mampu menghalangi hantaman tersebut. Dari sini, kita bisa memperkirakan kekuatan sebenarnya dari Si Rambut Merah ini.

Mengukur kekuatan Shanks juga bisa dilihat dari respek besar dari Jenderal Sengoku pada saat perang puncak. Ketika itu, Angkatan Laut hendak menghabisi semua bajak laut yang ada di Marine Ford. Namun Shanks turun tangan. Dia menantang, jika Bajak Laut Kurohige dan Angkatan Laut masih ingin bertarung, maka Bajak Laut Rambut Merah siap menjemput pertarungan.

Kurohige saat itu mengatakan belum saatnya dia bertarung dengan Shanks. Padahal, baru beberapa saat sebelumnya ia mengaku bisa mengalahkan apa pun. Kurohige saat itu sudah menguasai Yami Yami no Mi dan Gura Gura no Mi. Artinya, Shanks memiliki kekuatan yang lebih dahsyat dari yang dimiliki Kurohige. Pasalnya, Kurohige sendiri selalu hanya mau bertarung dalam keadaan jika ia mutlak bisa menang.

Di samping itu, Jenderal Sengoku juga tidak mau berperang dengan Shanks. Padahal, kekuatan Angkatan Laut saat itu sedang penuh. Tiga Admiral (Akainu, Aokiji, dan Kizaru) masih berkumpul. Bisa jadi Sengoku menilai Shanks sangat tangguh untuk pasukannya.  Walaupun juga, Sengoku menilai Shanks lebih 'damai' dibandingkan bajak laut lain terhadap Angkatan Laut.

Sejauh ini tanpa diketahui Shanks memiliki buah iblis atau tidak, ia sudah mendapatkan respek besar dari kawan maupun lawan. Tidak boleh dilupakan, saat menyelamatkan Luffy dari serangan monster laut dahulu, Shanks terjun ke laut, yang harusnya tak bisa dilakukan oleh pemakan buah iblis. Jadi, bisa saja ia memang sedemikian hebat tanpa perlu memakan buah tersebut.

Load disqus comments

0 komentar