8/23/2016

One Piece Trivia: Inilah Pulau Zou Dalam Kehidupan Nyata, Elephant Rock di Islandia & Selandia Baru

Dalam One Piece Trivia kali ini kita akan membahas keberadaan Pulau Zou dalam kehidupan nyata, yaitu Elephant Rock di Heimaey, Islandia. Bukan rahasia lagi kalau inspirasi Eiichiro Oda untuk manga One Piece berasal dari mana-mana. Tapi siapa yang menyangka, pulau yang berbentuk gajah seperti Zou memang benar-benar nyata di dunia ini?

Di One Piece, Zou adalah pulau berikutnya dalam petualangan Bajak Laut Topi Jerami setelah Dressrosa dan Green Bit. Zou ini bukan cuma pulau berbentuk gajah, tetapi memang gajah berusia 1000 tahun bernama Zunisha. Dengan demikian Zunisha ini muncul sebelum Void Century (Abad Yang Hilang) dan sangat tahu sejarah dunia sebelum diputarbalikkan oleh Pemerintahan Dunia.

Pulau Zou ini ditinggali oleh suku Mink, yang secara singkat adalah, hewan-hewan berdiri tegak dan bisa berbicara seperti manusia. Suku Mink sendiri tidak sepenuhnya tinggal di Zou. Beberapa di antaranya berkelana di seluruh dunia. Termasuk menjadi bajak laut. Misalnya, Pekoms, anak Nekomamushi, yang menjadi anak buah Big Mom. Juga Bepo, yang menjadi anak buah Trafalgar D. Law yang membentuk Bajak Laut Heart. Bepo sendiri, bersama rekan-rekannya mennggunakan Zou sebagai tempat transit untuk menunggu Law yang kala itu bertarung di Dressrosa.

Pulau Zou ini adalah pulau yang tak pernah diam di satu tempat dan terus bergerak, karena itu log pose tak bisa mengarah padanya. Keunikannya, karena Zunisha/ Zou ini adalah binatang hidup alias gajah yang berukuran raksasa, ia terbiasa menyemburkan air dari belalainya dua kali sehari. Akibatnya, air dalam jumlah besar terhempas ke seisi pulau.

Suku Mink memanfaatkan semburan air laut ini dengan membangun pipa saluran air di kota, dan disaring untuk dipakai sebagai air keperluan sehari-hari. Selain itu, semburan Zou kadang kala juga membuat hewan-hewan laut terangkut, dan menjadi santapan Suku Mink.

Dari semua detail ini, Zou adalah salah satu pulau paling ajaib di New World. Tapi siapa sangka, memang ada beberapa batu yang mirip Zou ini di dunia nyata. Bahkan bisa dipastikan Oda Sensei memang mengambil ide dari batu tersebut.

Yang pertama, adalah, Elephant Rock dari Heimaey Islandia. Batu tersebut benar-benar mirip gajah, lengkap dengan belalainya.

Yang kedua, adalah Elephant Rock dari Duntroon, Otago, Selandia Baru. Batu yang satu ini malah lebih lengkap lagi, karena bentuknya utuk dari kaki, belalai, hingga punggung gajah. 

Masih ada beberapa Elephant Rock lainnya di berbagai belahan dunia.




Load disqus comments

0 komentar