8/01/2016

One Piece Trivia: Kemunculan Pertama Edward Newgate/ Whitebeard (Shirohige) Pria Terkuat di Dunia


Dalam One Piece Trivia kali ini, kita akan membahas kemunculan pertama Edward Newgate alias Whitebeard (Shirohige). Ia adalah salah satu Yonko, yang disebut-sebut seimbang ketika berduel dengan Gold D. Roger Sang Raja Bajak Laut. Whitebeard sendiri memiliki julukan Sekai Saikyō no Otoko alias Pria Terkuat di Dunia. Whitebeard menjadi pimpinan Bajak Laut Whitebeard/ Shirohige yang terdiri dari 16 divisi dan 43 kelompok bajak laut yang beraliansi dengan Shirohige.

Nama Shirohige sulit ditemukan padanannya dalam bahasa Indonesia. Pasalnya, hige dalam bahasa Jepang berarti rambut wajah bagian bawah, entah itu kumis atau janggut. Oleh karenanya, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Shirohige mestinya jadi 'Kumis Putih' sementara Kurohige alias Marshall D. Teach disebut 'Janggut Hitam' meski sama-sama memiliki kata 'hige'. Ada pula Chahige, bajak laut yang jadi kelinci percobaan Caesar Clown. Namanya berarti 'Janggut Cokelat'.

Nama Shirohige atau Whitebeard, sebenarnya sudah disebut-sebut sejak kemunculan Portgas D. Ace. Kala itu Ace dikenal sebagai komandan divisi dari Bajak Laut Shirohige. Kemudian Buggy juga mengisahkan, jika Shirohige punya kemampuan luar biasa yang sejajar dengan Gold D. Roger.

Buggy menambahkan satu gelar lain untuk Shirohige, Wan Pīsu ni mottomo chikai otoko atau Pria yang paling dekat dengan One Piece. Di kemudian hari dikisahkan, Shirohige ditawari oleh Gold D. Roger peta menuju Raftel, pulau tempat One Piece diletakkan. Namun, Shirohige menolak tahu. Pasalnya, bagi Shirohige One Piece bukan tujuannya. Tujuannya adalah membentuk keluarga, dari bajak laut yang dikumpulkannya. Atas dasar ingin membentuk keluarga inilah, Shirohige dipanggil oleh anak buahnya dengan panggilan 'Ayah'.

Kemunculan pertama Shirohige terjadi di Chapter 234 yang berjudul 'Gokioku Kudasaimasu Yō ni/ Please Be Sure to Remember it'. Ketika itu, Rockstar, anak buah Shanks Si Rambut Merah, datang berkunjung ke Moby Dick, kapal Shirohige. Rockstar membawa surat dari Shanks. Namun Shirohige justru menyobek surat tersebut, dan menantang agar Shanks datang sendiri untuk menemuinya, bukan memakai perantara seperti Rockstar.

Dalam kemunculan pertama itu, Shirohige sudah terlihat sangat uzur. Di lengan dan badannya, terdapat infus yang menandakan kondisi kesehatannya buruk. Ada beberapa perawat seksi yang merawatnya, dan memastikan Shirohige baik-baik saja. Salah satu malah menyarankan agar Shirohige tidak meminum sake. Meskipun, dibantah oleh Shirohige, karena ia akan meminum sake ketika ia ingin minum sake.

Ketegasan Shirohige terlihat jelas dalam kemunculannya ini. Ia dengan mudah membuat Rockstar menyerah. Padahal kala itu Rockstar adalah rookie dengan harga 94 juta berry. Shanks, yang mendapatkan laporan dari Rockstar juga langsung bergerak, ingin menemui Shirohige langsung, tanpa perantara, bahkan meski hal tersebut bisa memancing kesiagaan Angkatan Laut.



Load disqus comments

0 komentar