7/26/2016

One Piece Trivia: Duel Shirohige/ Whitebeard vs Shanks, Langit Terbelah!


Dalam One Piece Trivia kali ini kita akan membahas pertemuan Shirohige/ Whitebeard vs Shanks yang terjadi di Chapter 434 (Volume 45). Ketika itu Shanks mengunjungi Shirohige untuk meminta menarik mundur Ace yang tengah memburu Kurohige/ Blackbeard. Namun, pembicaraan kedua Yonko itu buntu dan berakhir dengan adu tebasan. Saking hebatnya tebasan ini, sehingga langit terbelah.

Sebenarnya sudah lama Shanks ingin berbicara dengan Shirohige terkait dengan Ace. Shanks tahu, Ace sedang mengejar Kurohige untuk membalas dendam atas kematian Thatch, komandan divisi empat Bajak Laut Whitebeard. Ace merasa bertanggungjawab karena Kurohige, yang bernama asli Marshall D. Teach, adalah anak buahnya di divisi dua Bajak Laut Whitebeard.

Di sini ada hal menarik. Kemungkinan besar Shanks sudah tahu Ace adalah anak Gol D. Roger. Pasalnya, ketika pertama kali menjadi rookie dengan bendera Bajak Laut Spade, Ace pernah mengunjungi Shanks.  Di versi manga, Ace di sana memang cuma dikisahkan berterima kasih kepada Shanks yang pernah menyelamatkan nyawa Luffy di masa lalu. Sementara di versi anime, pertemuan Shanks dan Ace lebih panjang. Ace berkata kepada Shanks, dirinya yang akan menjadi raja bajak laut, bukan Luffy. Bisa jadi saat itulah Ace dan Shanks membahas sosok Gol D. Roger.

Ada dua kemungkinan Shanks begitu ingin bertemu Shirohige untuk membahas Ace. Yang pertama, karena Shanks tidak ingin anak kaptennya tersebut kalah atau tewas dari Kurohige, yang dikenalnya sangat licik. Kemungkinan kedua, Shanks ingin melindungi Ace dari Kurohige, karena Ace adalah kakak Luffy. Kemungkinan lain memang ada, yaitu Shanks tahu kemampuan sesungguhnya dari Kurohige, dan tidak ingin terjadi sesuatu pada Ace, hanya karena Ace dan Shanks adalah kenalan. Tapi tampaknya, kemungkinan pertama (dan kedua) lebih kuat.

Apa pun motif Shanks, ia pernah meminta anak buahnya, Rockstar untuk menemui Shirohige. Tapi Rockstar gagal. Surat titipan Shanks dihancurkan Shirohige. Kemudian, di Chapter 434 inilah Shanks bertemu langsung dengan Shirohige. Shanks sempat memamerkan haoshoku haki-nya sehingga anak buah Shirohige bertumbangan.

Shanks kemudian menawarkan sake dari kampung kelahirannya. Shirohige lantas bernostalgia tentang masa lalu mereka. Termasuk ketika Shanks bersama Buggy masih menjadi anak buah kapal Gol D. Roger. Shirohige juga bertanya tentang tangan kiri Shanks yang putus. Padahal, bahkan ketika berhadapan dengan Dracule Mihawk, sang ahli pedang terbaik di dunia, Shanks tak pernah kalah. Shanks kala itu cuma menyebut, tangannya itu adalah 'pertaruhannya demi menyambut era baru', tidak bercerita tentang kisahnya dan Luffy di Desa Fuusha.

Shanks lantas mengajukan permintaan agar Shirohige menarik mundur Ace. Shanks yakin, kemampuan Ace luar biasa. Tetapi belum waktunya berhadapan dengan Kurohige. Jawaban Shirohige sangat dingin, "Kejahatan Teach adalah dosa tak terampuni dalam sebuah kapal bajak laut. Dengan membunuh rekan-rekannya sendiri, dia telah melanggar hukum paling berat. Bahkan kru terbodoh dalam kapalku masih kuanggap anakku sendiri. Kalau kubiarkan pembunuh itu lolos, bagaimana mungkin arwah anakku bisa tenang?!"

Di kemudian hari, terungkap bahwa saat itu Shirohige hanya ingin 'membenarkan' keputusan Ace saja. Pasalnya, Shirohige sudah melihat gelagat tak beres dari Kurohige, dan meminta Ace menghentikan pengejaran. Tapi Ace tidak mau, dan memutuskan berangkat sendiri. Jadi, Shirohige menanggung beban 'kengeyelan Ace' di depan Shanks.

Karena pembicaraan buntu, Shanks akhirnya pergi. Namun sebelumnya ia beradu senjata dengan Shirohige. memakai tangan kanannya, Shanks menyabetkan pedang yang disambut dengan sabetan bisento Shirohige. Hasilnya adalah, langit terbelah oleh kekuatan mereka!

Load disqus comments

0 komentar