7/22/2016

One Piece Trivia: Haoshoku Haki Luffy vs Shanks, Siapa Yang Punya Haki Penakluk Lebih Kuat?


Dalam One Piece trivia kali ini kita akan membahas perbandingan Haoshoku Haki Luffy vs Shanks. Saat menghadapi New Fishman Pirates (Bajak Laut Manusia-Ikan Baru) yang dipimpin oleh Hody Jones, Luffy menampilkan haoshoku haki-nya yang bisa membuat 50.000 orang takluk. Lalu, jika dibandingkan dengan Shanks atau Rayleigh, sekuat apa haki sang calon raja bajak laut ini?

Haoshoku Haki bukanlah haki yang bisa didapatkan dengan latihan. Haki jenis ini adalah haki yang diturunkan dari generasi ke generasi. Biasanya dimiliki oleh para pemimpin penting atau para keluarga kerajaan. Sebagai contoh, Edward Newgate/Shirohige sang Yonko yang mengepalai Bajak Laut Whitebeard. Juga, Shanks Si Rambut Merah yang memimpin Bajak Laut Akagami.

Dua orang yang memiliki Will of D, yaitu Portgas D Ace dan Monkey D Luffy, memiliki haoshoku haki. Ace menampilkannya saat masih kecil. Sedangkan Luffy, saat Ace hendak dipenggal, secara tidak terkontrol mengeluarkan haki ini yang membuat para prajurit Angkatan Laut bertumbangan. Di kemudian hari, setelah mendapatkan latihan khusus dari Silvers Rayleigh selama dua tahun, Luffy bisa mengendalikan kekuatannya ini.


Di Pulau Gyojin, Luffy bisa menumbangkan 50.000 orang hanya dengan sekali pandang. Lalu, jika dibandingkan dengan Shanks dan Rayleigh, sekuat apa haki Luffy itu? Menurut Eichiro Oda, jika situasinya sama, dan dua orang tersebut ada di tempat sama pula, Shanks dan Rayleigh bisa menumbangkan seluruh orang yang hendak melawan Luffy saat itu, yaitu 100.000 orang alias dua kali lipat dari Luffy. Ini artinya, termasuk dengan para petinggi Bajak Laut Manusia Ikan Baru, seperti Hody Jones, bisa dikalahkan dalam sekedipan mata oleh Shanks dan Rayleigh.

Namun Oda juga menegaskan, dalam situasi dan tempat yang berbeda, kita tidak bisa membandingkan haoshoku haki dua orang hanya dari jumlah orang yang bisa dirobohkan. Bisa menjatuhkan lawan dengan haoshoku haki, bergantung sepenuhnya pada perbedaan kekuatan antara sang pemilik haki dengan lawannya.

Dalam kasus Luffy, 50.000 orang yang ditumbangkannya hanya dari pandangan mata semata, adalah orang-orangyang sangat lemah, yang tidak layak bertarung dengan sang kapten Bajak Laut Topi Jerami. Jika ada 100.000 orang bajak laut yang memiliki niat bertarung yang tangguh, mungkin saja, tidak ada satu pun yang bisa dijatuhkan Luffy.

Selain itu, seseorang yang sudah bisa mengontrol haoshoku haki-nya lebih lanjut, juga bisa memilih untuk tidak menjatuhkan orang-orang tertentu akibat pesona haki penakluknya.

Load disqus comments

0 komentar