7/07/2016

One Piece Trivia: Kemunculan Pertama Monkey D. Dragon di Logue Town (Chapter 100)


Dalam One Piece Trivia kali ini kita akan membahas kemunculan pertama Monkey D. Dragon dalam manga karya Eiichiro Oda ini. Dragon sang buruan terbesar Pemerintah Dunia, tiba-tiba saja muncul di Logue Town, kota tempat raja bajak laut Gol D. Roger dieksekusi. Ia bahkan menyelamatkan Monkey D. Luffy, rookie yang kala itu masih belum 'dipandang sepenuhnya' oleh Angkatan Laut. Barulah kemudian diketahui Dragon sengaja datang ke Logue Town untuk memastikan Luffy sang anak, pergi berlayar ke Grand Line memenuhi ambisi sebagai bajak laut.

Kemunculan Dragon untuk pertama kali terjadi di Chapter 100 yang berjudul 'Legenda Sudah Dimulai/     The Legend Has Begun (伝説は始まった Densetsu wa Hajimatta)'. Sebelumnya di Chapter 99, Luffy baru saja lolos dari eksekusi yang dilakukan oleh Buggy Badut.

Tiba-tiba saja, saat Buggy hendak memenggal kepala Luffy, terjadi hujan badai lebat, dan petir tepat menyambarnya. Buggy hangus, sementara Luffy selamat. Kejadian ini terlalu tepat, sehingga Sanji bertanya kepada Zoro, 'Hei, apa kamu percaya pada Tuhan?'. Kelak (hampir bisa dipastikan) terungkap bahwa petir tersebut berasal dari kemampuan Dragon, yang kemungkinan memiliki buah iblis pengendali cuaca, atau setidaknya buah iblis pemanggil badai. Pasalnya, setiap kali Dragon muncul, selalu ada badai yang muncul.

Kembali ke Chapter 100, bagian ini dimulai dari Dragon yang melangkah dalam badai dengan tenang. Wajahnya penuh wibawa. Saat itu ia baru dikenal sebagai 'Dragon', tanpa disebutkan nama keluarganya. Sehingga, tentu saja tidak ada yang menyangka ia adalah ayah Luffy. Kala itu Dragon bergumam sendiri 'Bajak Laut? Bagus juga.'

Tampaknya ucapan itu merujuk pada sang putra, Luffy. Dragon meninggalkan Luffy entah pada masa yang tidak terketahui. Masa kecil Luffy dididik dengan keras oleh Garp, sang kakek. Garp tampaknya sangat berharap Luffy tak mengikuti jejak Dragon melawan Pemerintah Dunia. Oleh karenanya, ketika Luffy mengambil jalan sebaga bajak laut, bukan Angkatan Laut, Dragon puas karena ' pada akhirnya darahnya mengalir pada sang anak'.


Pada satu momen, Luffy sudah terdesak oleh Kapten Smoker, pemilik Moku Moku no Mi (buah asap). Luffy terjatuh, dan Smoker siap memukulnya dengan jitte yang diberi kairoseki. Ketika itulah tiba-tiba gerakan Smoker terhenti. Dragon memegang ujung jittenya. Smoker panik karena ia tidak bisa melawan Dragon. Putus asa ia berteriak, "Pemerintah Dunia mencari-carimu!" dan dijawab Dragon, "Dunia menunggu jawaban kami (Tentara Revoluis)."

Pada akhirnya Bajak Laut Topi Jerami berhasil kabur dari Logue Town menuju Grand Line. Dari puncak bangunan Dragon berteriak, "Pergilah! Inilah takdirmu!" Smoker menyerunya dari bawah, "Mengapa orang sepertimu membantu mereka Dragon?" Dalam pikiran Smoker tidak ada hubungannya antara Tentara Revolusi dengan bajak laut.


Dragon menjawab, "Apa alasanmu menghentikan mereka?"

Kelak, teka-teki yang ada di pikiran Smoker ini terjawab dalam Perang Puncak, ketika Jenderal Sengoku mengungkapkan jika Luffy adalah putra Dragon. Sejak saat itu pula, dunia mengetahui, ayah-anak ini bisa mengacaukan Pemerintahan Dunia.

Load disqus comments

0 komentar