8/12/2016

One Piece Trivia: Kemunculan Pertama Gorosei (Lima Tetua) Kepala Pemerintahan Dunia


Dalam One Piece Trivia kali ini kita akan membahas kemunculan pertama Gorosei atau Lima Tertua, yang merupakan kepala pemerintahan dunia. Gorosei terdiri dari lima orang yang bertugas mengontrol dunia. Kekuasaan Gorosei lebih tinggi daripada Chiper Pol dan Angkatan Laut. Meskipun terlihat sebagai pengendali dunia, Jenderal Sakazuki (Akainu) menyebut Gorosei sebagai 'boneka Tenryubito', yang menunjukkan Gorosei bukanlah penguasa dunia yang sesungguhnya.

Gorosei terdiri dari lima orang tetua yang hingga kini belum pernah disebutkan namanya. Banyak versi tentang Gorosei ini. Misalnya, ada yang menyebut Gorosei adalah representasi lima negara anggota Dewan Tetap PBB di dunia nyata: Inggris Raya, Uni Sovyet (Rusia), Amerika Serikat, Prancis, dan China. Namun ada yang memperkirakan pula, Gorosei adalah 'versi komik' dari lima diktatur atau penguasa dunia yang begitu berpengaruh di masanya. Hal ini ditunjukkan dari dua tokoh Gorosei yang sangat mirip dengan Mahatma Gandhi (India) dan Mikhail Gorbachev (Rusia).

Kemunculan pertama Gorosei terjadi di Chapter 233, 'Kekuasaan Tertinggi di Dunia' (The Highest Authority in the World/ Sekai Saikō Kenryoku). Dalam kemunculannya ini, para Gorosei membicarakan Shanks yang mengutus seorang duta (Rockstar) untuk bertemu dengan Whitebeard. Saat itu Shanks sudah diakui sebagai kekuatan tangguh yang bisa menimbulkan bencana, meski ditegaskan pula Shanks tidak akan mengubah dunia dengan tangannya sendiri.

Di samping itu, kekalahan Crocodile oleh Monkey D. Luffy membuat Gorosei membuka kemungkinan untuk mencari penggantinya sebagai salah satu Shichibukai. Dengan demikian, keseimbangan kekautn tetap terjaga. Kelak, sosok yang terpilih menggantikan Crocodile adalah Marshall D. Teach, yang menggunakan jabatan Shichibukai untuk mendapatkan para tahanan kelas kakap di Impel Down.

Lima Gorosei, adalah sebagai berikut.

1. Sosok berpeci dengan rambut dan janggut putih. Ia memiliki luka di pelipis kiri wajah. Sosok ini menggunakan tongkat berjalan.

2. Sosok berkepala botak mirip Mahatma Gandhi. Ia berkacamata, dan memakai gi putih. Sosok ini memakai samurai, sehingga muncul dugaan ia punya kaitan dengan Wa no Kuni.

3. Sosok berkepala nyaris botak mirip Mikhail Gorbachev, termasuk tanda lahir di jidat. Ia memiliki kumis panjang yang melengkung, agak berbeda dengan milik Shirohige/ Whitebeard.

4. Sosok berambut pirang dengan rambut dibelah pinggir, dan berjenggot tipis. Ia memiliki luka di bagian leher mendekati dada.

5. Sosok berambut putih bertubuh jangkung, dengan janggut dan kumis lebat, seperti tokoh-tokoh bijaksana dalam cerita rakyat Eropa, misalnya mirip Gandalf.


Load disqus comments

0 komentar