5/10/2016

Teori One Piece: Tiga Senjata Kuno/ Ancient Weapon: Pluton, Poseidon, dan Uranus

 Teori One Piece: Tiga Senjata Kuno/ Ancient Weapon: Pluton, Poseidon, dan Uranus

Dalam teori One Piece kali ini kita akan membahas tiga senjata kuno (Ancient Weapon/ Kodai Heiki) di dunia One Piece. Tiga senjata ini demikian ditakuti oleh Pemerintahan Dunia (World Government), dan disebut bakal mengancam dunia jika dimanfaatkan oleh lawan politik Pemerintahan Dunia. Ketiga senjata kuno tersebut adalah Pluton, Poseidon, dan Uranus.

Keberadaan tiga senjata kuno/ ancient weapon diyakini oleh Pemerintahan Dunia bakal mampu menciptakan perang global. Hal ini menunjukkan betapa destruktifnya senjata-senjata tersebut. Di satu sisi, ketakutan Pemerintahan Dunia terhadap ketiga senjata ini membangkitkan minat sebagian orang untuk menguasai salah satu atau ketiga-tiganya sekaligus. Di antara ketiga senjata tersebut, yang pertama kali diungkap adalah Pluton, namun yang pertama kali dibuat terang-benderang adalah Poseidon. Sementara Uranus, hingga kini masih misterius.

Senjata Kuno/ Ancient Weapon Pluton
Pluton hingga saat ini belum diketahui bentuknya seperti apa. Namun, Tom sang pembuat kapal yang merupakan guru Franky pernah menyebut Pluton sebagai 'monster mengerikan sepanjang sejarah pembuaan kapal'. Dengan demikian Pluton dapat disimpulkan sebagai kapal kuno. Saat Tom menampilkan blue print Pluton kepada Franky dan Iceburg, keduanya dibuat terkesima. Bahkan Franky menyebut, "Apakah manusia bisa membuat benda seperti ini?"

Pluton sendiri lenyap sebelum bisa dimanfaatkan siapa pun. Blueprint Pluton itulah yang diwariskan dari generasi ke generasi. Namun ketika tiba di tangan Franky, ia justru membakarnya. Hal ini terjadi karena Franky mengikuti ucapan Iceburg, bahwa keberadaan blueprint Pluton digunakan untuk penyeimbang kekuatan dunia yang saat ini hanya dikuasai oleh sang 'pemerintah tunggal', Woirld Government.

Franky tahu jika blueprint Pluton sampai jatuh ke tangan orang-orang tak bertanggung jawab, akan terjadi kehancuran massalh. Oleh karenanya, ia sekalian saj  membakar. Meskipun demikian tidak diketahui apakah Franky sudah merekam detail blueprint itu dalam ingatannya. Selain itu, poneglyph yang ada di Alabasta memberikan informasi tentang lokasi Pluton.



Teori One Piece: Tiga Senjata Kuno/ Ancient Weapon: Pluton, Poseidon, dan Uranus
 

Senjata Kuno/ Ancient Weapon Poseidon
Poseidon ini pertama kali terungkap saat Nico Robin membaca poneglyph di Skypiea. Namun ternyata, Poseidon bukanlah benda seperti Pluton. Awalnya, diperkirakan Poseidon adalah putri duyung yang hidup di Void Century.Putri Duyung ini bisa berbicara dengan Kairoui (Sea Kings). Dan ternyata, kemampuan tersebut diturunkan dari generasi ke generasi. Dengan demikian, Poseidon bukanlah nama orang atau benda, tetapi lebih tepatnya sebutan untuk sosok putri duyung yang bisa bicara dengan kairoui.

Dalam peristiwa di Pulau Gyojin, Shirahoshi yang panik karena perahu raksasa Noah nyaris menabrak pulaunya, mampu berbiara dengan kairoui. Dari sinilah, kini Shirahoshi muncul sebagai pemegang gelar Poseidon. Meskipun demikian, mengingat saat ini hanya Nico Robin yang mampu membaca poneglyph, maka informasi tentang Shirahoshi sebagai Poseidon hanya dimiliki oleh Bajak Laut Topi Jerami, Raja Neptune, dan Caribou Nuregami yang mengintip dengar pembicaraan Nico Robin dan Raja Neptune.

Senjata Kuno/ Ancient Weapon Uranus

Hingga kini belum ada yang tahu seperti apakah Uranus. Apakah ia adalah gelar atau sebutan untuk seseorang dengan kemampuan tertentu seperti Poseidion, ataukah benda fisik seperti Pluton. Meskipun demikian, karena disebutkan sebagai tiga senjata kuno, mestinya ketiga benda ini punya tipe tersendiri, seperti halnya buah iblis yang memiliki tiga tipe. Jadi, Uranus bukanlah sebutan untuk seseorang dengan kemampuan tertentu, sekaligus bukan benda mati.


---------------------------------
Sinopsis One Piece bisa dilihat di bawah ini 
Chapter 825
Chapter 818 
-------------------------------

Load disqus comments

0 komentar