6/02/2016

One Piece Trivia: Panggilan Trafalgar Law Untuk Kru Bajak Laut Topi Jerami




Dalam One Piece trivia kali ini kita akan membahas panggilan Trafalgar Law untuk para kru Bajak Laut Topi Jerami. Law termasuk salah satu orang di dunia One Piece yang sangat sopan dalam memanggil sosok-sosok di sekitarnya. Bukan cuma karena menambahkan akhiran -ya di ujung panggilan, seperti Mugiwara-ya (Tuan Topi Jerami). Tetapi juga karena pilihan kata unik untuk memanggil kru Topi Jerami.

Penampilan pertama Trafalgar D. Law terjadi di volume 51 ketika Shackey (Shakuyaku) memperkenalkan sebelas supernova Bajak Laut. Kesan yang didapatkan kala itu adalah, Law sosok yang kurang ajar. Dia mengacungkan jari tengah kepada Eustass Kid, sesama supernova yang terkenal emosional, mudah marah. Malahan ketika itu Kid menyebut, "Buronan dari South Blue senilai 200 juta berry, Trafalgar La! Banyak berita miring tentangnya, termasuk dalam sopan santun."

Namun seiring dengan perjalanan waktu, Trafalgar Law justru memberi kesan yang berbeda. Ia memanggil kebanyakan orang dengan tambahan akhiran -ya. Dalam penjelasan Eiichiro Oda diungkapkan, akhiran -ya itu diambil dari panggilan pada sekitar zaman Edo. Sebagai contoh, ada dua orang yang sama-sama dipanggil dengan "Tomekichi-san". Untuk membedakan keduanya, digunakanlah akhiran -ya pada jenis pekerjaan masing-masing.

Dengan demikian, sebagai contoh penerapannnya, ada "Dōgu-ya no Tomekichi" (Tuan Tomekichi yang bekerja/ pemilik toko peralatan) atau "Oke-ya no Tomekichi" (Tuan Tomekichi yang pembuat bak mandi). Panggilan ~ya sendiri, juga digunakan pada nama belakang seseorang. Dalam hal ini, Trafalgar Law 'mematuhi aturan' penggunaan akhiran ~ya untuk panggilan kepada kru Bajak Laut Topi Jerami.

Untuk memanggil Luffy, ia memakai panggilan 'Mugiwara-ya' (Tuan Topi Jerami) yang merujuk pada identitas Luffy. Hal yang sama dilakukan Law untuk Brook, yang dipanggil Hone-ya (Tuan Kerangka/ Tuan Tengkorak/ Tuan Tulang). Selain itu Franky disebtu Robo-ya (Tuan Robot), Usopp dipanggil Hana-ya (Tuan Hidung), dan Sanji dipanggil Kuroashi-ya (Tuan Kaki Hitam).

Namun untuk kru-kru lain, Law memakai nama belakang mereka dengan tambahan akhiran -ya. Seperti Robin, yang dipanggilnya Nico-ya (Miss Nico -nama keluarga Robin-), Chopper yang dipangil Tony-ya (Tuan Tony -nama belakang Chopper). Untuk Zoro dan Nami, ada perkecualian. Meskipun seharusnya Law memanggil Zoro dengan Roronoa-ya, tetapi ia memilih panggilan Zoro-ya. Sementara Nami, karena sejauh ini ia baru terungkap punya nama 'Nami' saja (tanpa nama belakang), Law memanggilnya Nami-ya.

----------------------------------------------------

Sinopsis One Piece bisa dilihat di bawah ini 
Chapter 825
Chapter 818

 ----------------------------------------------------

Berikut ini sinopsis manga One Piece terjemahan Indonesia
Volume 44
Volume 45
Volume 57 
Volume 59

Volume 64
Volume 66
Volume 67
Volume 68
Volume 69

Volume 73
Volume 74
Volume 75
Volume 76

Load disqus comments

0 komentar